Menu

Mode Gelap

Beranda · 8 Nov 2023 10:25 WIB ·

Diduga Tidak sesuai RAB, Pekerjaan Onderlagh Amburadul di Desa Sambikarto 


 Diduga Tidak sesuai RAB, Pekerjaan Onderlagh Amburadul di Desa Sambikarto  Perbesar

Lampung Timur, Pojokpost.com – Proyek pembuatan jalan Telford (onderlagh) di dusun III Desa Sambikarto, Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur yang tujuan awal untuk memudahkan akses masyarakat dibuat asal asalan alias amburadul dan di duga tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB). 

Dari pantauan awak media, Selasa (7/11/23) onderlagh tersebut menurut penuturan warga, berasal dari penggunaan dana Anggaran Dana Desa (ADD), jalan yang terletak disamping gereja nampak baru selesai dibangun.

Pemasangan batu yang tampak asal asalan tidak sesuai dengan standar pembangunan jalan onderlagh, seperti batu yang seharusnya berdiri tetapi ditata rebah, pemasangan batu juga dipasang agak renggang .

Salah satu warga berinisial Y saat ditemui awak media mengeluhkan bahwa pekerjaan pembangunan jalan tersebut terkesan asal jadi dan yang seharusnya bisa memperlancar akses masyarakat malah menjadi membahayakan masyarakat.

“Coba dilihat kalau pembangunan kayak gitu kan malah terkesan oleh masyarakat , aparat desa diduga Mark up dana pembangunan dan juga mana ada masyarakat yang mau jalan dengan jalan batu yang tajam seperti itu,” tutur warga yang tidak mau di sebutkan namanya.

Salah satu tokoh masyarakat, Dedi saat ditemui awak media juga menyayangkan pembangunan jalan yang tidak sesuai tersebut. “Di ujung pengerjaan jalan tidak terkunci dengan rapat sehingga mudah lepas dan ada dugaan tidak sesuai RAB,” ujar Dedi.

Dedi menambahkan, kalau dilahat sepintas sudah kelihatan volume isi jelas berkurang dan pemasangan tidak sesuai prosedur pembangunan jalan.

“Menurut pengalaman saya, itu jelas volume isi batu berkurang, jumlah batu yang dipasang berkurang, batu tidak sesuai ukuran, pemasanganbatu harusnya berdiri bukan seperti ini kayak masang keramik dan setelahnya harus ada pengerasan agar tidak tajam dan membahayakan masyarakat,” tambah Dedi yang juga kontraktor.

Kepala Desa Sambikarto, yaitu Sugito dan Sekdes Eko saat disambangi awak media kerumahnya untuk konfirmasi terkait pembangunan jalan tidak berada ditempat. (Tim)

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Meriah, SMA Negeri 1 Metro Gelar Bulan Bahasa

10 November 2023 - 10:46 WIB

Hj. Mardiana Musa Ahmad Hadiri Acara Hari Pangan Sedunia Provinsi Lampung Tahun 2023

6 November 2023 - 20:16 WIB

Bupati Musa Ahmad Hdiri Pengajian Akbar dan Khotmil Qur’an

6 November 2023 - 20:02 WIB

Metro Sport Tourism Hadir di Lapangan Mulyojati

6 November 2023 - 19:12 WIB

Istighosah Untuk Palestina, ini Kata Walikota Metro

6 November 2023 - 18:51 WIB

Robby Kurniawan Saputra : Dinas PUTR Metro Jelang Akhir Tahun Kebut Pembangunan Jalan

6 November 2023 - 12:25 WIB

Trending di ADVERTORIAL